INVESTASI RUMAH ATAU APARTEMEN?

Seperti yang kita ketahui ada 2 macam jenis propeti, yaitu rumah dan apartemen. Selain untuk tempat tinggal, properti sangat berpengaruh untuk kegiatan mobilisasi masing-masing individu. Namun banyak orang yang menggunakan properti sebagai pilihan investasi jangka panjang karena nilai jual dari properti akan semakin meningkat di masa yang akan datang. Salah satu yang mempengaruhi minat konsumen adalah lokasi dari properti tersebut. Semakin strategis, semakin tinggi pula harganya.

Pertanyaan yang sering muncul adalah jenis properti seperti apa yang lebih menguntungkan? Kalau kamu masih bingung mau investasi rumah atau apartemen, yuk lihat perbandingannya!

Membeli properti harus dengan pemikiran yang matang dan penuh pertimbangan. Jenis properti yang dibutuhkan, dana yang akan dikeluarkan, dan lokasi menjadi beberapa pertimbangan untuk membeli properti tersebut karena tentu orang akan memilih properti tersebut agar dapat tinggal dengan nyaman dan dalam jangka waktu yang lama. Banyak orang yang memilih untuk membeli rumah sebagai investasi, namun tidak sedikit juga yang memilih apartemen untuk dijadikan investasi. Tentu kedua jenis properti tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

Harga

Source: pexels.com

Dilihat dari sisi harga, tentu harga beli rumah lebih mahal dibandingkan apartemen. Misalnya apartemen tipe studio memiliki harga yang jauh lebih murah dari rumah tipe 36, padahal luasnya hampir sama. Namun perlu kamu ketahui bahwa biaya maintenance apartemen akan jauh lebih mahal daripada rumah hunian. Seperti membayar Iuran Pengelolaan Apartemen (IPL), Sinking Fund untuk biaya kerusakan, Biaya Parkir, Air dan Listrik.

Fasilitas

Apartemen memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti ATM center, supermarket, kolam renang, gym, lapangan, dan lain-lain. Akan tetapi ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan perbulannya dan biasanya iuran ini tergolong mahal. Nah kalau kamu memilih rumah tentu akan lebih mandiri dalam hal perawatan bangunan. 

Perawatan

Source: pexels.com

Untuk hunian rumah, kamu harus melakukan pengecekan dan perawatan mandiri seperti atap bocor, saluran air tidak lancar, tembok terkelupas, kualitas air, dan lain-lain. Sementara untuk apartemen biasanya pengembang yang akan bertanggung jawab dengan pemeliharaan bangunan dan infrastruktur. Jadi jika apartemen kamu ada kerusakan, tinggal hubungi pengembang dan merekalah yang akan membereskan.

Sebenarnya kalau mau investasi properti ada plus dan minus nya masing-masing. Semua keputusan ada di tangan kamu karena kondisi dan kebutuhan masing-masing individu berbeda. Jadi apakah kamu sudah bisa memutuskan mau investasi rumah atau apartemen?

Untuk meningkatkan kenyamanan dan perawatan hunian kamu, Raja Renov dapat memberikan semua solusi dari permasalahan kamu. Tidak hanya itu, Raja Renov memberikan beberapa promo menarik seperti Gratis perhitungan RAB, Gratis Desain (Layout dan Interior), Gratis Survei Lokasi, dan Gratis Konsultasi. Tunggu apalagi? Yuk segera renovasi hunian kamu agar lebih nyaman sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu dengan Raja Renov. Hubungi kami di 0813-8787-7200 (WA) atau kunjungi website kami di www.rajarenov.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *