Tips Memanfaatkan Ruang Sempit

Kepadatan penduduk di Indonesia setiap tahunnya meningkat. Hal ini membuat masyarakat di wilayah perkotaan yang padat penduduk mengalami permasalahan dengan tempat tinggal. Banyak dari mereka yang membeli rumah sesuai dengan budget yang mereka miliki. Apalagi di perkotaan besar sudah sangat susah untuk mencari rumah yang memiliki lahan luas. Kalaupun ada, harganya pasti sudah naik berkali-kali lipat. Sehingga rumah kecil atau apartemen menjadi pilihan bagi mereka. 

Sebenarnya tinggal di rumah kecil tentu tidak menjadi masalah. Namun ada tantangan tersendiri untuk mengatur penataan di dalam rumah agar setiap ruangan dapat terlihat lebih luas. Banyak orang yang mengurungkan niat untuk mendesain ulang ruangan sempit mereka karena memikirkan keterbatasan ruang. Padahal ruangan sempit juga bisa lho jadi tempat yang cozy.

Kalau kamu memiliki permasalahan dengan rumah kecil, yuk simak tips berikut ini agar kamu dapat memaksimalkan ruang sempit menjadi lebih luas!

1.     Cat Dinding Warna Terang

Pasti kamu sudah tidak asing lagi ya dengan tips yang satu ini. Yups, para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat dinding berwarna cerah, terutama warna putih untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Warna putih juga merupakan warna netral sehingga sangat cocok untuk dipadukan dengan furniture apapun. Kalau kamu memberikan warna gelap pada ruangan sempit malah akan membuat ruangan tersebut terasa lebih sempit walaupun dengan aksen warna gelap dapat memberikan rasa nyaman.

2.     Letakkan Cermin Besar di Dinding

Tips berikutnya yaitu dengan menggunakan cermin besar pada dinding. Pantulan dari cermin dapat memberikan ilusi seolah-olah ruangan lebih luas dari ukuran yang sesungguhnya sehingga kesan sempit pun dapat berkurang. Usahakan meletakkan cermin menghadap ke jendela agar memberikan kesan yang lebih luas dan terang. Ukuran cermin juga harus diperhatikan yaitu sebesar ¾ dari luas dinding tempat cermin dipasang.

3.     Gunakan Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi adalah sebuah furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu. Furnitur ini dapat ditarik, dilipat, dan diputar untuk mengubah fungsi sesuai dengan yang digunakan pada saat itu. Dengan menggunakan furnitur multifungsi, kamu dapat menghemat space pada rumah kecilmu. Contohnya yaitu tempat tidur yang memiliki laci, meja belajar dengan rak, sofa yang bisa dijadikan tempat tidur, meja kerja lipat, bunk bed atau tempat tidur tingkat, dan masih banyak lagi.

4.     Memilih Desain yang Minimalis

Desain minimalis merupakan salah satu cara untuk membuat ruangan sempit terkesan lebih luas. Menempatkan furnitur yang tepat dan tidak terlalu banyak menjadi alasan utama untuk menghindari kesan sumpek. Untuk itu mendekorasi ruangan sempit tidak memerlukan hiasan yang terlalu banyak didalam ruangan.

5.     Membuat Ruangan Open Space

Ruangan open space bisa dijadikan salah satu pilihan yang cermat dalam menanggapi masalah ruangan sempit. Gunakan furnitur sebagai pengganti sekat dengan begitu kamu tau batasan dari setiap ruangan. Kurangi penggunaan sekat pada rumah kamu agar mendapatkan kesan rumah terasa lebih luas dan nyaman. Kalau kamu masih ingin untuk menggunakan sekat, coba gunakan sekat dari kaca transparan.

6.     Maksimalkan Penggunaan Dinding

Kebutuhan dalam penyimpanan akan selalu bertambah dari hari ke hari. Salah satu cara mengatasi penyimpanan pada ruangan yang sempit adalah dengan memanfaatkan dinding sebagai tempat untuk menyimpan barang dengan menggunakan lemari yang dibuat menempel ke dalam dinding. Hal ini tentu akan membuat perubahan yang signifikan pada ruangan kamu.

7.     Pencahayaan

Pencahayaan tentu juga memiliki peranan penting dalam membuat ruangan terkesan luas. Terdapat beberapa sistem pencahayaan yang masing-masing memiliki efek dan intensitas cahaya yang berbeda, seperti ambient, task lighting, dan accent lighting. Ambient lighting memberikan penerangan sentral pada seluruh ruangan. Task lighting menghasilkan penerangan yang fokus ke salah satu area di ruangan. 

Penataan ruang menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah hunian. Dengan melakukan penataan ruang yang baik dan benar, seluruh ruangan dapat memaksimalkan fungsi nya masing-masing. Ruangan sempit pun bisa jadi terlihat luas dengan pemilihan furnitur dan interior yang tepat. 

Kalau kamu masih bingung untuk merenovasi hunian kamu, Raja Renov dapat memberikan semua solusi dari permasalahan kamu. Tidak hanya itu, Raja Renov memberikan beberapa promo menarik seperti Gratis perhitungan RAB, Gratis Desain (Layout dan Interior), Gratis Survei Lokasi, dan Gratis Konsultasi. Tunggu apalagi? Yuk segera renovasi hunian kamu agar lebih nyaman sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu dengan Raja Renov. Hubungi kami di 0813-8787-7200(WA) atau kunjungi website kami di www.rajarenov.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *